Workshop, Edukasi dan Pengenalan Dasar Robotika Universitas Kahuripan Kediri

 

Di era Revolusi Industri 4.0, penggunaan teknologi komputer dan robot menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan karena 2 teknologi ini menjadi dasarnya. Penggunaan internet pada komputer dan menjadikannya sebagai jaringan raksasa menjadikan manusia mampu mengontrol perangkat apapun yang terhubung internet dimanapun berada. Perangkat robot menjadi bagian dari teknologi ini.

Dalam menjawab tantangan perkembangan teknologi ini, Universitas Kahuripan Kediri mengadakan Workshop, Edukasi dan Pengenalan Dasar Robotika yang bertujuan mengenalkan teknik-teknik dasar Robotika kepada para Mahasiswa, Siswa-siswi bahkan para tenaga pengajar tentang bagaimana membangun teknik dasar Robotika.

Acara yang diadakan secara daring pada Sabtu, 12 Desember 2020 ini menyajikan suatu pemaparan dan uji teknik dasar Robotika yang dipandu oleh Gilang Al Azhar, M.Tr.T, Dosen Teknik Elektro serta Pembimbing Tim Robot Politeknik Negeri Malang serta dibantu asisten pembicara, Riska Nur Wakidah, S.S.T, M.Tr.T. Dosen Teknik Elektro Universitas Kahuripan Kediri.

Acara yang dibuka pada jam 10.00 hingga 13.30 WIB, berisi uji praktik Arduino dan Aplikasi Proteus oleh pembicara utama yang juga pernah menjadi Anggota Tim Kontes Robot Indonesia dari 2015 – 2019. Dalam praktek ini pembicara juga dibantu oleh 2 orang mahasiswa Universitas Kahuripan Kediri yang secara langsung mempraktekkan uji Proteus dan Arduino. Acara ini terbilang sukses dengan banyaknya peserta yang mendaftar dan mengikuti materi ini dari awal hingga akhir. Karena masih bersifat dasar maka akan ada acara lanjutan yang berlevel intermediate dan Advance. Diharapkan dari acara semacam ini makin mengenalkan kita terhadap manfaat teknologi komputer dan robot dalam kehidupan kita sehari-hari. (cdr)

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter