Dosen Universitas Kahuripan Kediri Olah Limbah Kulit Pisang Menjadi Tepung di Desa Ngasem Kabupaten Kediri

 

Dosen Universitas Kahuripan Kediri melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Stimulus (PKMS) pada tanggal 8 – 9 Agustus 2020. Kegiatan yang bertempat di UMKM Getuk Pisang SHR ini diikuti oleh Karang Taruna dan ibu-ibu PKK Desa/Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.

Kegiatan PKMS yang mendapatkan pendanaan dari Kementrian Riset dan Teknologi – Badan Riset dan Inovasi Nasional (RISTEK-BRIN) tahun 2020 ini dilakukan oleh 3 dosen Universitas Kahuripan Kediri yaitu Chitra Dewi Yulia Christie, S.Pd., M.Pd (Fakultas Pertanian), Cahyo Purnomo Prasetyo, ST, M.MT (Fakultas Teknik) dan Nia Agus Lestari, S.Pd, M.Pd (Fakultas Pertanian).

Dalam kegiatan ini tim PKMS Universitas Kahuripan Kediri memberi pelatihan pada Karang taruna dan PKK Desa Ngasem bagaimana memanfaatkan limbah kulit pisang. “Limbah kulit pisang yang sebelumnya hanya sebagai pakan ternak kini bisa diolah menjadi produk yang lebih bernilai, yaitu tepung kulit pisang”, ujar Ketua tim PKMS Universitas Kahuripan Kediri Chitra Dewi Yulie Christie, S.Pd, M.Pd.

Tim PKMS tidak hanya memberi pelatihan secara teori namun juga disertai praktik pengolahannya dari kulit basah menjadi tepung. Selain itu tim juga melakukan pendampingan untuk memberi solusi apabila ditemukan kendala pada mitra. Dalam kesempatan tersebut dihibahkan alat-alat pengolahan berupa mesin giling tepung, oven serta dan alat pendukung lainnya yang diterima langsung oleh Kepala Desa Ngasem Yuhari.

Dengan kegiatan PKMS ini diharapkan Karang Taruna dan anggota PKK di Desa Ngasem dapat menyerap dan menerapkan ilmu yang sudah diperoleh, bukan hanya  mampu memproduksi tepung dari kulit pisang namun juga menciptakan kreasi produk-produk olahan berbahan baku tepung kulit pisang. “Semoga pelatihan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat serta mampu membantu meningkatkan kemandirian ekonomi warga”, ujar Cahyo Purnomo Prasetyo ST, M.MT. (Ch/Cht/Ni).

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter