Universitas Kahuripan Kediri Bersama Polinema PSDKU Kediri Ajarkan Manajemen Bisnis Professional ke Peternak Lebah Madu

 

Kelompok peternak lebah madu Desa Ngepeh, Locerte mendapat pembinaan dari Universitas Kahuripan Kediri (UKK) dan Polinema Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Kediri. Dalam Program Kemitraan Masyarakat (PKM). Dalam Program Kemitraan Masyarakat masyarakat itu peternak mendapat banyak pengetahuan dan bekal yang bisa menunjang peningkatan produktivitas usaha mereka.

“Kami berharap apa yang kami berikan dalam PKM bisa membuat para peternak lebah madu Ds. Ngepeh, Loceret ini lebih sejahtera”, Ujar Choirul Hana, M. AB ketua PKM tentang pengabdian yang digelar sejak 2 April hingga kemarin itu.

Selain Hana, ada pula Riswan Eko Wahyu Susanto, S. Pd, M.T dari Polinema PSDKU Kediri dan drh. Rico Anggriawan, M. Vet dari UKK yang ikut melakukan pembinaan. Hana menjelaskan, PKM merupakan kelanjutan program yang dicanangkan oleh Ristek BRIN.

Selama empat bulan mereka memberi ilmu kepada para peternak lebah. Mulai pendampingan budidaya ratu lebah dan management ternak, serta tata cara penyusunan laporan keuangan dan manajemen keuangan yang baik. Ada pula pendampingan dan penerapan mesin pencetak label kemasan.

Merespons PKM yang diikuti, Bahrudin ketua kelompok ternak madu mengaku senang dengan program tersebut. Sebab, mereka jadi tahu pentingnya mengelola usaha dengan manajemen yang baik. Dia dan peternak lain pun tahu cara budidaya ratu lebah sendiri dan pengetahuan penting lainnya. “Semoga bisa membuat usaha kami menjadi lebih baik, hasil meningkat dan banyak dikenal masyarakat luas “, ujar Bahrudin.(Ch)

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter