Pembekalan dan Pembukaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Kahuripan Kediri 2018

KKN universitas kahuripan kediri, kampus kediri, kuliah kediri

 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan sebagai salah satu perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat dimana kegiatan ini bersifat wajib bagi mahasiswa Universitas Kahuripan Kediri. Kegiatan KKN merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mengetahui, memahami kondisi serta mengaplikasikan pengetahuan yang diperolehnya kepada masyarakat secara langsung yang diperolehnya dibangku kuliah.

Untuk memantabkan pengetahuan dan pemahaman peserta KKN, Universitas Kahuripan Kediri memberikan materi pembekalan kepada para mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata sebagai penguatan saat terjun ke masyarakat nantinya. Pembekalan yang diberikan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu Pra pembekalan, Pembekalan dan pembukaan KKN. Acara Pra pembekalan yang telah dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2018 ini berisi tentang pembentukan kelompok KKN dan koordinasi kelompok dimana setiap kelompok memiliki tugas dan tanggung jawab selama berada dilokasi KKN. Kemudian materi pembekalan diberikan tanggal 25 Juli 2018 berisi tentang motivasi, Evaluasi rencana program kerja serta pemantapan nilai-nilai etika kepada para mahasiswa yang nantinya akan berbaur dengan masyarakat saat program KKN berlangsung.

Pada acara pembukaan KKN yang dilaksanakan pada 1 Agustus 2018, para mahasiswa dan dosen Universitas Kahuripan Kediri melakukan acara serah terima dimulainya KKN kepada perangkat desa setempat. Acara serah terima ini diadakan di balai desa Sebet, kecamatan plemahan, Kabupaten Kediri. Acara yang dibuka pada pukul 8.30 wib dihadiri oleh Kepala Desa Sebet beserta para perangkat desa yang terkait. Dihadiri pula Perwakilan Universitas Kahuripan Kediri yang diwakili oleh Wakil Rektor II, Ita Yoeli Astari, SE. MM., dan didampingi oleh ketua LPPM Futika Permatasari, S.S.,M.Pd serta turut hadir para dekan dan dosen Universitas Kahuripan Kediri yang lainnya.

Acara pembukaan dimulainya KKN ini berakhir pada pukul 10.00 wib dan ditutup dengan doa serta penandatanganan dokumen serah terima mahasiswa KKN antara Universitas Kahuripan Kediri dengan masyarakat desa Sebet yang diwakili oleh Kepala Desa Sebet, Bapak Johan. Dengan adanya acara Pembukaan ini diharapkan timbulnya rasa keakraban dan keterbukaan antara mahasiswa dan masyarakat desa Sebet. Hal ini akan sangat membantu keberhasilan program KKN ini dalam memberikan dampak yang berarti kepada masyarakat serta kepada para mahasiswa khususnya. Semoga dengan adanya program KKN ini kondisi sosial dan ekonomi masyarakat desa Sebet dapat terbantu dan semakin membaik. (cdr)

Share this...
Share on Facebook52Share on Google+0Tweet about this on Twitter