Kegiatan Pendampingan Kelompok Peternak Bebek Di Kabupaten Blitar Oleh Fakultas Peternakan Universitas Kahuripan Kediri

Pendampingan Universitas Kahuripan Kediri, kampus kediri, kuliah kediri, kampung inggris, karyawan kediri, swasta kediri, pare kediri

 

Beternak merupakan salah satu mata pencaharian warga desa Slorok yang umumnya mengandalkan sektor pertanian sebagai sumber penghasilan utamanya. Desa yang berada di wilayah Kabupaten Blitar itu, kini sedang mengembangkan budidaya ternak bebek. Pengarahan dan Pelatihan kepada masyarakat desa yang dilakukan Universitas Kahuripan Kediri melalui fakultas Peternakan merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada masyarakat.

Sabtu, 5 Mei 2018, Dosen Fakultas Peternakan, David Kurniawan, S.Pt MP, beserta para praktisi dibidang peternakan bebek melakukan pendampingan kepada kelompok peternak bebek yang ada pada desa di Kecamatan Doko ini. Kegiatan pelatihan budidaya bebek terlaksana atas kerjasama Universitas Kahuripan Kediri  dengan para perangkat desa dan seluruh anggota kelompok peternak bebek Mitra Karya desa Slorok.

Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Bapak Camat Doko dan sambutan oleh Bapak Sarjono selaku kepala desa Slorok kecamatan Doko. Acara yang berlangsung pada pukul 08.00 wib hingga 13.00 wib menghadirkan para pemateri yang merupakan praktisi yang sukses dibidang peternakan bebek. Dalam kegiatan tersebut setiap peserta diberikan bahan praktik berupa bibit dan pakan, yang kemudian secara langsung dipraktekkan dengan cara memberikan pakan kepada ternak bebek dengan cara yang baik dan benar. Disamping itu para peserta juga diberikan cara melakukan manajemen pakan yang benar terhadap pengelolaan ternak bebek agar hasil yang didapatkan dapat maksimal.

Tujuan pendampingan ini adalah terciptanya forum saling tukar pendapat terkait masalah dan solusi dalam manajemen pemeliharaan ternak bebek. Harapannya, agar supaya kelompok peternak bebek dapat mandiri dan berkembang dari segi ilmu, pengalaman dan kapasitas produksi. Sehingga kesejahteraan seluruh anggota kelompok dapat tercapai yang kemudian dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa secara keseluruhan. (cdr)

Share this...
Share on Facebook7Share on Google+0Tweet about this on Twitter