Fakultas Peternakan Universitas Kahuripan Kediri Melakukan Penyuluhan dan Pelatihan Manajemen Pakan Itik pada Kelompok Peternak Bebek Kabupaten Blitar

Rabu 11 April 2018 tepatnya jam 9.00 WIB, Fakultas Peternakan Universitas Kahuripan Kediri bekerja sama dengan Dinas Peternakan Kabupaten Blitar mengadakan acara Penyuluhan dan Pelatihan di Dusun Sumberejo Desa Slorok Kecamatan Doko Kabupaten Blitar bersama Kelompok Peternak Bebek Mitra Karya Kabupaten Blitar. Penyuluhan tentang Manajemen Itik ini dilakukan sebagai tindak lanjut MOU yang telah dilakukan antara Fakultas Peternakan Universitas Kahuripan Kediri dengan Kelompok Peternak Bebek Mitra Karya Blitar pada tahun 2017 lalu.

Dalam Penyuluhan yang dihadiri juga oleh Kepala Divisi Pakan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar ini mendorong agar para peternak selalu memeriksakan pakan ternaknya secara berkala ke Laboratorium Uji Pangan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar. Pemerintah pun memberikan subsidi anggaran secara khusus kepada para peternak yang bersedia melakukan uji pangan tersebut. Hal ini agar para peternak dapat mengetahui dengan baik kandungan nutrisi yang diberikan kepada ternak itik yang dimilikinya.

Penyuluhan Manajemen Pakan Itik ini memberi wawasan bagaimana mengelola sumber daya pangan agar dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Cara ini dapat menekan pemberian pakan ternak secara berlebihan serta dapat meningkatkan kualitas produksi dari itik itu sendiri. Acara ini juga turut dihadiri oleh Kaprodi Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Kahuripan Kediri, David Kurniawan, S.Pt., MP. sebagai salah satu pembicara.

Selain penyuluhan, kegiatan ini juga melakukan pengambilan sampel pakan ternak itik untuk dilakukan pengujian di Laboratorium Pakan Ternak di Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bliar. “Kegiatan ini menambah wawasan tentang macam bahan pakan ternak dan bagaiman mendapatkan pakan yang terjangkau tanpa mengabaikan  produksi ternak tersebut, “ tutur Bapak Suprapto selaku Ketua Kelompok Peternak Bebek Mitra Karya Dusun Sumberejo Desa Slorok Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. (cdr)

 

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter