Universitas Kahuripan Kediri Diundang ke Sosialisasi Program L’Oreal – UNESCO For Women In Science 2018 di Universitas Brawijaya Malang

universitas kahuripan kediri, ukk, kampus kediri, kuliah kediri, kampung inggris, karyawan kediri, swasta kediri, pare kediri, loreal, unesco, Universitas brawijaya

 

Pada hari Kamis 05 April 2018 diselenggarakan acara Sosialisasi Program L’Oreal-UNESCO For Women In Science (FWIS) di Gedung LPPM Universitas Brawijaya Malang. Acara sosialisasi yang dihadiri 50 peneliti dari universitas seluruh Jawa Timur ini dibuka dengan sambutan Plt. Ketua LPPM Universitas Brawijaya Dr. Ir. Maftuch M.Si dan dilanjutkan Prof.DR.H.Arief Rachman,M.Pd sebagai perwakilan UNESCO. Beliau menjelaskan bahwa UNESCO bertanggung jawab untuk mengurangi kemiskinan melalui ilmu pengetahuan. Namun, UNESCO sangat prihatin dengan peneliti-peneliti di dunia yang kebanyakan laki-laki. Untuk itu harus ada program yang mendongkrak perempuan untuk menjadi peneliti. Program fellowship ini memiliki satu kekuatan bagi perempuan peneliti kurang dari 40 tahun untuk nantinya diusulkan bertanding dengan peneliti-peneliti dunia. Kebetulan dari Indonesia saat ini sudah ada 5 perempuan peneliti Indonesia yang menang di dunia.

L’Oreal – UNESCO For Women in Science didirikan pada tahun 2004 bermitra dengan Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (KNIU Kemdikbud). Setiap tahunnya program L’Oréal-UNESCO FWIS Nasional menghargai perempuan Indonesia yang telah memberikan kontribusi yang signifikan kepada ilmu pengetahuan. Program ini memberikan kesempatan kepada perempuan peneliti muda berbakat Indonesia untuk mengikuti kompetisi ini dengan cakupan empat bidang penelitian yakni social sciences, material sciences, engineering dan matematics. Untuk tingkat nasional akan diambil empat pemenang dengan dana fellowship masing-masing sebesar 90 juta rupiah. Selanjutnya pemenang juga akan mendapat kesempatan mengikuti fellowship yang sama di tingkat internasional.

Universitas Kahuripan Kediri dalam hal ini Fakultas Teknik sebagai wakil satu-satunya Institusi Pendidikan  dari Kabupaten/Kota Kediri mengirimkan Dekan Fakultas Teknik, Cahyo Purnomo Prasetyo, ST., M.MT sebagai peserta. Pendaftaran Program Fellowship Nasional  dapat dilakukan di website Loreal  mulai tanggal 20 April 2018 sampai dengan 9 September 2018. (Ch)

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter