Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Kahuripan Kediri 2017

Kuliah Kerja Nyata – Program Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) merupakan bagian dari mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh LPPM Universitas Kahuripan Kediri ini dilaksanakan selama 2 bulan (Agustus – September) berlokasi di Desa Puhjarak Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Pemilihan Desa Puhjarak sebagai lokasi KKN-PPM disebabkan karena masih membutuhan banyak perhatian terutama di bidang Pendidikan, Ekonomi, Agama, Adat Istiadat, Sosial-Budaya, Pertanian dan Peternakan dimana hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menyiapkan SDM (Sumber Daya Manusia) dalam menyongsong masa depan.

Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Puhjarak adalah pertanian dan peternakan. Program yang dicanangkan khususnya di bidang peternakan ialah Pembuatan Kompos, Pemeriksaan Kesehatan Ternak serta Pengenalan ternak pada anak sejak dini. Berbicara tentang peternakan, ternak yang paling dominan dipelihara di Desa Puhjarak ialah sapi potong. Usaha ini telah memperlihatkan perkembangan yang sangat pesat dan memberikan sumbangan ekonomi yang tinggi dilihat dari besarnya permintaan masyarakat. Selain sebagai penghasil bahan pangan, sapi pedaging juga memberikan hasil ikutan berupa limbah organik yang dapat diolah menjadi pupuk kompos maupun sumber energi yang sangat berguna bagi manusia.

Diharapkan dari kegiatan KKN-PPM ini mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatannya dalam masyarakat, dan secara langsung dapat menemukan, mengidentifikasi, merumuskan, serta memecahkan permasalahan dalam kehidupan bermasyarakat secara interdisipliner, komprehensif, dan lintas sektoral. (Ra)

 

Share this...
Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on Twitter